Resep Kue Lapis Tepung Beras

Bahan Membuat  :

  • 1500 ml liter santan sedang (800 ml santan cair + 700 ml air)
  • 100 gr tepung tapioka
  • Pewarna makanan ( merah dan hijau )
  • 250 gr gula pasir
  • 5 lbr daun jeruk purut
  • 1 sdt garam halus
  • 300 gr tepung beras

Bahan Pendukung :

Siapkan loyang ukuran 18 x 18 cm tinggi 6 cm yang sebelumnya telah olesi tipis dengan menggunakan minyak goreng pada bagian dasar dan sisi sisi loyang.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras :

Langkah pertama, masak dengan api takaran kecil : santan, gula pasir, garam dan daun jeruk, aduk sampai gulanya terlihat mencair, lalu dinginkan.

Langkah kedua, siapkan wadah besar, kemudian campur tepung beras dan tapioka, lalu tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Setelah itu, bagi adonan dalam 3 wadah terpisah , kemudian tambahkan pewarna makanan pada masing-masing wadah, dan biarkan satu bagian hanya berwarna putih atau tanpa diberi pewarna.(Total berat adonan adalah 2000 ml. Kami membagi: untuk warna merah 500 ml , warna hijau 500 ml dan 1000 ml untuk warna putih)

Langkah ketiga, panaskan kukusan, kemudian tuang sekitar 2 sendok sayur adonan merah kedalam loyang, kukus selama 5 menit, lalu tuang warna putih dan kukus selama 3 menit, lalu kemudian dilanjutkan dengan warna hijau dan seterusnya ( tiap lapisan diberi lapisan warna putih pada bagian lapisan berikutnya ) secara selang seling. Lakukan sampai adonan habis dan kukus kurang lebih selama 15 sampai matang.Selanjutnya, Keluarkan loyang dari steamer, kemudian dinginkan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu balik loyang untuk mengeluarkan kue secara perlahan dari loyang. kemudian dinginkan.

Terakhir, potong kue lapis dengan pisau yang sebelumnya telah di lapisi dengan plastik agar kue tidak lengket pada saat dipotong, Setelah itu kue lapis tepung beras buatan anda siap untuk sajikan.
Previous
Next Post »